Sabtu, 17 Juli 2010

Energi dan Usaha

Bagaimana cara kamu menggunakan energi setiap hari? Setiap aktivitas yang kamu lakukan akan memerlukan pengeluaran energi yang tersimpan dalam tubuhmu. Beberapa kegiatan, misalnya olah raga naik turun tangga memerlukan lebih banyak energi dibanding yang lain. Dalam Bab ini kamu akan mempelajari beberapa bentuk energi, usaha atau kerja, serta peralatan yang memudahkan kerja. Lakukan Kegiatan Penyelidikan di bawah ini, untuk menyelidiki keterkaitan aktivitas dengan penggunaan energi. Amatilah pula bagaimana kamu bergantung pada sumber energi yang ada dalam dirimu.

Energi

Apakah energi Itu? Kamu tentunya telah mengetahui berbagai contoh energi yang dimanfaatkan saat ini. Hampir semua yang kamu lihat atau kerjakan melibatkan energi. Energi itu sesuatu yang agak misterius. Kamu tidak dapat menciumnya. Dalam banyak kejadian kamu tidak dapat melihatnya. Sebagai contoh, cahaya adalah salah satu bentuk energi, dan tanpa cahaya kamu tidak mampu melihat apapun. Kamu tidak dapat melihat listrik, tetapi kamu dapat melihat akibatnya saat menyalakan lampu, dan kamu dapat merasakan akibatnya pada panas yang dihasilkan oleh kumparan pemanggang kue. Kamu tidak dapat melihat energi dalam makanan pada Gambar 9.1, tetapi kamu dapat melihat dan merasakan akibatnya ketika otot-ototmu menggunakan energi tersebut untuk bergerak.

Energi – Penyebab Perubahan

Jika sebuah bola kasti terbang di udara dan memecahkan jendela, bola tersebut jelas mengubah jendela! Ketika sebuah benda mempunyai kemampuan mengubah lingkungannya, dikatakan benda itu memiliki energi. Bola kasti mempunyai energi dan melakukan usaha terhadap jendela menyebabkan

Image:macam2  makannan.jpg

jendela bergerak. Singkatnya, penggunaan energi melibatkan perubahan. Secara tradisional, energi didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha, yakni menyebabkan sesuatu berpindah. Tetapi ketika usaha ditunjukkan, selalu ada perubahan. Hubungan ini memberikan definisi umum yang berguna. Energi adalah kemampuan untuk menyebabkan perubahan. Perubahan bentuk energi Jika kamu meminta teman-temanmu untuk memberikan contoh-contoh energi, kamu mungkin akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda. Beberapa diantaranya mungkin menunjuk energi dalam api. Teman lain mungkin memberikan energi yang dibutuhkan untuk lomba lari. Energi terjadi pada berbagai bentuk yang berbeda. Api memiliki energi panas dan energi cahaya. Lemak yang tersimpan dalam tubuhmu mengandung energi kimia. Sebagai penyebab berubahnya benda-benda, energi itu sendiri seringkali mengalami perubahan dari satu bentuk ke bentuk lain. Perubahan bentuk energi terjadi di sekitarmu setiap hari. Ketika mobil terletak di tempat panas sepanjang hari, energi gelombang cahaya berubah menjadi energi panas yang menghangatkan bagian dalam mobil itu. Dalam api unggun seperti Gambar 9.2, energi kimia di dalam kayu berubah menjadi energi cahaya dan energi panas. Selama perubahan bentuk, misalnya saat cahaya berubah menjadi panas, banyaknya energi tetap sama. Tak ada energi yang hilang atau bertambah. Hanya bentuk energi yang berubah, bukan banyaknya energi. Pemanfaatan perubahan bentuk energi, lebih lanjut dapat kamu pelajari pada bagian berikutnya.

Image:api  unngggun.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar